Kajian Filsafat Ilmu
Pertanyaan Ontologis
Tentang Bahasa
No. | Pertanyaan Ontologis | Definisi | Bahasan | Analisis | 1.Linguistik 2.Kemahiran 3.Sastra 4.Sintaksis |
1. | Apakah bahasa itu ? | ü | | | |
2. | Apa yang dimaksud dengan bahasa ? | | ü | | |
3. | Apa pengaruh bahasa ? | | ü | ü | |
4. | Apa dampak ketidakmampuan berbahasa terhadap ketidakmampuan berpikir ? | | | ü | |
5. | Apa dampak bahasa gaul ? | | ü | ü | |
6. | Apa dampak bila tidak memiliki bahasa ? | | | ü | |
7. | Apa uniknya bahasa ? | | | ü | 1 |
8. | Apa penyebab manusia berbahasa ? | | | ü | |
9. | Apa ciri manusia berbahasa ? | | ü | | |
10. | Apa perbedaan bahasa manusia dengan bahasa hewan ? | | | ü | |
11. | Apa tahap-tahap dalam berbahasa ? | | ü | | |
12. | Apa simbol bahasa ? | | | | 1 |
13. | Apa pengaruh bahasa nasional terhadap bahasa daerah ? | | | ü | |
14. | Apa dampak globalisasi terhadap bahasa nasional ? | | | ü | |
15. | Apa beda bahasa nasional dengan bahasa daerah ? | | ü | | |
16. | Apa yang terjadi jika bahasa asing lebih dominan dari bahasa ibu ? | | ü | | |
17. | Apa pentingnya berbahasa ? | | ü | | |
18. | Apa langkah yang dilakukan untuk menjaga bahasa nasional ? | | ü | | |
19. | Apa maksud dari “bahasa mencerminkan karakter bangsa “ ? | | ü | ü | |
20. | Apa bedanya bahasa yang digunakan manusia sehari-hari dengan bahasa isyarat ? | | | ü | 1 |
21. | Apakah berbahasa butuh berpikir ? | | | ü | |
22. | Apa kaitan bahasa dengan bangsa ? | | | ü | |
23. | Apa wujud bahasa ? | | ü | | 1 |
24. | Apakah yang harus dilakukan agar bahasa tetap terjaga ? | | ü | | |
25. | Apakah terdapat penelitian dalam bahasa ? | | ü | | 4 |
26. | Apa pengaruh bahasa dalam komunikasi ? | | | ü | |
27. | Apakah inti dari bahasa ? | | ü | ü | |
28. | Apakah unsur-unsur dari bahasa ? | | | | 1 |
29. | Apa dampak negatif dari bahasa yang tidak sesuai aturan ? | | | ü | 1 dan 4 |
30. | Apakah bahasa memiliki struktur ? | | ü | ü | 1 |
31. | Apakah bahasa manusia dari setiap negara sama ? | | | ü | |
32. | Apakah bahasa itu mengalami perkembangan ? | | ü | | |
33. | Apa bahasa dapat disebut pemersatu bangsa ? | | ü | | |
34. | Apa sebab bahasa itu memiliki nilai estetika ? | | ü | | |
35. | Apa bahasa dapat disebut ilmu ? | | | ü | |
36. | Apakah bahasa memiliki cara khusus dalam penulisan ? | | | ü | |
37. | Apakah dalam bahasa Indonesia wajib sesuai dngan EYD ? | | ü | | |
38. | Apa aturan berbahasa ? | | ü | | 1 |
39. | Apa hubungan bahasa dengan komunikasi ? | | ü | | |
40. | Apa dampak bahasa sms atau bahasa yang disingkat ? | | | ü | |
Kajian Filsafat Ilmu
Pertanyaan Epistemologis
Tentang Bahasa
No. | Pertanyaan Epistemologis | Definisi | Bahasan | Analisis | 1.Linguistik 2.Kemahiran 3.Sastra 4.Sintaksis |
1. | Bagaimana bahasa manusia berbahasa ? | | ü | ü | |
2. | Bagaimana proses bahasa ? | | ü | | |
3. | Bagaimana cara manusia purba berbahasa ? | | | ü | |
4. | Bagaimana bunyi bahasa itu ? | | ü | | |
5. | Bagaimana pengaruh ilmu bahasa dalam berbahasa ? | | | ü | 1 |
6. | Bagaimana fungsi-fungsi bahasa ? | | ü | | |
7. | Bagaimana jika tidak ada bahasa ? | | ü | | |
8. | Bagaimana proses terciptanya bahasa ? | | | ü | 1 |
9. | Bagaimana peran bahasa dalam komunikasi ? | | ü | | |
10. | Bagaimana sifat-sifat bahasa ? | | ü | | |
11. | Bagaimana lambang dan simbol bahasa ? | | ü | | 1 |
12. | Bagaimana bahasa komunikasi itu ? | | ü | ü | |
13. | Bagaimana cara memaknai bahasa ? | | | ü | 1 dan 4 |
14. | Bagaimana hubungan antara penuturan bahasa dengan pemahaman bahasa ? | | | ü | 1 |
15. | Bagaimana manfaat bahasa ? | | ü | | |
16. | Bagaimana cara mempertahankan bahasa nasional ? | | | ü | |
17. | Bagaimana cara tunawicara berbahasa ? | | ü | ü | |
18. | Bagaimana perkembangan bahasa Indonesia ? | | | ü | |
19. | Bagaimana mewujudkan bahasa yang baku dalam bahasa Indonesia ? | | ü | | |
20. | Bagaimana konsep bahasa ? | | | ü | 1 |
21. | Bagaimana hubungan antara bahasa nasional dengan bahasa daerah ? | | ü | | |
22. | Mengapa terkadang bahasa daerah lebih terkenal daripada bahasa nasional ? | | ü | | |
23. | Mengapa ada bahasa daerah jika terdapat bahasa nasional ? | | ü | ü | |
24. | Bagaimana bahasa daerah terbentuk ? | | | ü | |
25. | Bagaimana pengaruh bahasa pada ilmu eksakta ? | | ü | ü | 2 |
26. | Bagaimana pengaruh bahasa daerah terhadap komunikasi ? | | ü | ü | |
27. | Bagaimana pengaruh bahasa pada ilmu non eksakta ? | | ü | ü | 2 |
28. | Mengapa bahasa nasional disebut “bahasa ibu” ? | ü | ü | | |
29. | Bagaimana status sosial bahasa ? | | ü | ü | |
30. | Bagaimana menilai tingkat berbahasa seseorang ? | | | ü | |
31. | Bagaimana contoh bahasa tulis ? | | ü | | |
32. | Bagaimana mengenalkan bahasa pada anak dibawah lima tahun ? | | ü | | |
33. | Bagaimana keilmuan bahasa itu ? | | ü | ü | 1 dan 2 |
34. | Bagaimana cara mengkaji bahasa bunyi ? | | | ü | 1 |
35. | Bagaimana cara hewan berbahasa ? | | | ü | |
36. | Bagaimana mengklasifikasikan bahasa ? | | | ü | |
37. | Bagaimana pengaruh menyimak dalam kegiatan berbahasa ? | | | ü | |
38. | Mengapa dalam suatu komunikasi, bahasa baku dan lengkap tidak terlalu dihiraukan ? | | ü | | |
39. | Bagaimana bahasa yang lengkap dalam tuturan itu ? | | ü | | |
40. | Bagaimana mempopulerkan suatu bahasa ? | | ü | | |
Kajian Filsafat Ilmu
Pertanyaan Aksiologis
Tentang Bahasa
No. | Pertanyaan Aksiologis | Definisi | Bahasan | Analisis | 1.Linguistik 2.Kemahiran 3.Sastra 4.Sintaksis |
1. | Untuk apa diciptakan bahasa ? | | ü | | |
2. | Untuk apa bahasa itu ditulis ? | | ü | | |
3. | Untuk apa bahasa digunakan ? | | ü | | |
4. | Untuk apa ujaran dalam bahasa ? | | | ü | |
5. | Untuk apa manusia berbahasa ? | | | ü | |
6. | Untuk apa dibedakan bahasa bunyi dengan bahasa isyarat ? | | | ü | |
7. | Untuk apa bahasa nasional wajib dilestarikan ? | | ü | | |
8. | Untuk apa adanya bahasa persatuan ? | | ü | | |
9. | Untuk apa mempelajari bahasa ? | | | ü | |
10. | Untuk apa struktur bahasa perlu dipelajari ? | | | ü | 1 |
11. | Untuk apa sistem bahasa ? | | | | 1 |
12. | Untuk apa distribusi bahasa ? | | | | 1 |
13. | Untuk apa klasifikasi bahasa ? | | | ü | 1 |
14. | Untuk apa ilmu bahasa dalam kegiatan sehari-hari ? | | | ü | |
15. | Untuk apa memaknai bahasa ? | | | ü | |
16. | Untuk apa manfaat bahasa dalam kehidupan sehari-hari ? | | ü | ü | |
17. | Untuk apa mempelajari seluk-beluk bahasa Indonesia ? | | ü | | |
18. | Untuk apa sebuah gaya bahasa ? | | ü | | 3 |
19. | Untuk apa memproduksi bahasa ? | | | ü | |
20. | Untuk apa melestarikan bahasa daerah ? | | | ü | |
21. | Untuk apa melestarikan bahasa nasional ? | | | ü | |
22. | Untuk apa mempelajari bahasa asing ? | | ü | ü | |
23. | Untuk apa hewan berbahasa ? | | ü | ü | |
24. | Untuk apa mengkaji ilmu bahasa ? | | | | 1 dan 2 |
25. | Untuk apa bahasa isyarat ? | | ü | | |
26. | Untuk apa bahasa tubuh ? | | ü | | |
27. | Untuk apa bahasa dalam ilmu politik ? | | ü | | |
28. | Untuk apa bahasa dalam ilmu eksakta ? | | ü | | 2 |
29. | Untuk apa bahasa dalam ilmu non eksakta ? | | ü | | 2 |
30. | Untuk apa bahasa perlu dimengerti ? | | | ü | |
31. | Untuk apa bahasa baku ? | | | ü | |
32. | Untuk apa diperlukan membaca kamus besar bahasa Indonesia ? | | | ü | |
33. | Untuk apa diperlukan membaca kamus bahasa asing ? | | | ü | |
34. | Untuk apa variasi bahasa ? | | ü | | 1 |
35. | Untuk apa mengadopsi bahasa asing dalam pertuturan bahasa Indonesia ? | | | ü | |
36. | Untuk apa bahasa dalam kebudayaan ? | | ü | | |
37. | Untuk apa kaidah-kaidah bahasa ? | | | ü | 1 dan 2 |
38. | Untuk apa mempelajari hirarki satuan bahasa ? | | ü | | 1 |
39. | Untuk apa diciptakan kamus dalam berbagai bahasa ? | | | ü | |
40. | Untuk apa menghasilkan sebuah bahasa ? | | ü | ü | |
KAJIAN FILSAFAT ILMU
PERTANYAAN ONTOLOGIS, EPISTEMOLOGIS dan AKSIOLOGIS
DOSEN PENGAMPU : WIDJONO, H.S M.M.
OLEH :
NETTA GUMILANG R.P (2115110788)
KELAS : I - B
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar